Minggu, 22 Desember 2013

SKENARIO PEMBELAJARAN MOLEKUL



Guru:  mengucapkan salam pembuka.
Guru: assalamualaikumwarahmatullahhiwabarokatuh.
Siswa: wa’alaikumsalamwarahmatullahhiwabarokatuh.
Guru: Apa kabar semuanya hari ini anak-anak?
Siswa: sehat pak, alhamdulillah.
Guru mengulang kembali terhadap apa yang telah di jelaskan sebelumnya.
Guru: baik murid sudah mengerti dengan apa yang dijelaskan tadi? Ada pertanyaan?
Siswa: sudah buk. . . .   tidak ada.,.,
Guru :memulai menjelaskan materi tentang molekul sesuai dengan bahan bacaan yang dimiliki siswa dan digunakan sarana penampilan slide-slide mengenai molekul.
Guru: murid-murid ada yangtahu apa itu molekul? ada yang pernah mendengar kata molekul?
Siswa: ‘tidak tahu pak’....
Guru: baik, kalau belum tahu bapak akan menjelaskan mengenai apa itu molekul. ‘menmpilkan slide dipowerpoint’ molekul adalah partikel terkecil dari suatu senyawa. Molekul juga bisa siartikan sebagai gabungan dari beberapa atom yang sama atau berbeda. Semua materi yang menempati alam semesta ini terdiri atas molekul penyusunnya. sebagai contoh yaitu air, memilike molekul air. Udara yang terdiri atas nitrogen, oksigen, dan lain-lain, semua gas tersebut memiliki molekul penyusunnya masing-masing. ‘menampilkan slide contoh dari9 molekul yang terdapat dalam alam semesta. Molekul itu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, molekul unsur dan molekul senyawa. Mendengar dari kata-katanya saja ada yang bisa mencoba mengartikan apa itu yang dimaksud molekul unsur dan molekul senyawa?
Siswa: saya buk. Karna namanya yaitu molekul unsur mungkin molekul unsur itu merupakan molekul penyusun unsur, dan molekul senyawa merupakan molekul penyusun senyawa.
Guru: bagus, betul. Berikan tepuk tangan buat melli. Molekul unsur. Seprti kita ketahui unsur itu terdiri dari satu atom atau beberapa atom yang sama, sedangkan senyawa itu terdiri dari dua atau lebih atom yang berbeda. Jadi dapat diartikan molekiul unsur itu merupakan molekul yang terdiri dari satu jenis atom yang sama. Sedangkan molekul senyawa merupakan molekul yang terdiri dari dua atau lebih jenis atom. ‘menampilkan slide mengenai molekul unsur dan molekul senyawa’. Molekul unsur itu dapat pula dikelompokkan dalam dua jenis. Pertama molekul unsur diatomik, dan poliatomik. Dari kata-kata ada lagi yuang bisa mengartikan apa itu molekul unsur diatomoik dan molekul unsur diatomik? Di itu artinya?
Siswa: dua.,.
Guru: poli?
Siswa: banyak.
Guru: jadi yang dimaksud molekul unsur diatomik dan molekul unsur poliatomik apa? Angkat tangannya yang bisa menjawab.
Siswa: ‘hampir semuanya mengangkat tangan’ saya buk.
Guru: ya, coba ikhsan.
Siswa : molekul unsur diatomik merupakan molekul unsur yang terdiri dari dua atom, dan molekul unsur poliatomik merupakan molekul unsur yang terdiri dari banyak atom.
Guru : bagus sekali ikhsan. Pintar-pintar siswa bapak. Bapak bangg dengan kalian. ‘menampilkan slide tentang molekul unsur diatomik dan poliatomik’. Jadi molekul unsur diatomik itu adalah molekul unsur yang terdiri hanya atas dua atom, sedangkan molekul unsur poliatomik merupakan molekul yang terdiri atas lebih dari dua atom. Contohnya yaitu H2,O2, merupakan contoh dari molekul unsur diatomik. Dan S8, O3, P4 merupakan molekul unsur poliatomik. Sekarang masuk ke molekul senyawa. Molekul senyawa itu merupakan molekul yang terdiri dari lebih satu jenis atom penyusunnya. contohnya: molekul air, molekul udara (CO2,CO). guru meminta siswa untuk mengulang kembali atas apa yang telah dijelaskan mengenai molekul.
guru: baik demikian tadi materi kita mengenai molekul. ada yang bisa mengulang atas apa yang telah dipelajari tentang molekul tadi. Yao coba, angkat tangannya.
Siswa (riko): molekul itu merupakan bagian terkecil dari senyawa yang terdiri dari dua atau lebih atom penysunnya.
Guru: bagus. Pintar sekali riko ini. Ada lagi yang mau menunjukkan pintarnya? Ayo acungkan tangan?
Siswa : molekul tadi terbagi dua pak yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Dan molekul unsur tebagi menjadi dua, yaitu molekul unsur diatomik dan poliatomik.
Guru: bagus. Pintar-pintar siswa bapak. Sekarang bapak mau kalian buatb dua kelompok besar. Bagi dua aja. Dan bapak ingin kalian kerjakan soal-soal dibuku paket yang dimiliki dan diskusikan bersama teman-teman satu kelompok. Bapak berikan waktu 20 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar